Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

About

Pesona Batu Opal Kalimaya



Berkilau. Pantulan kristal aneka warna menggoda setiap pasang mata. Inilah keunikan batu opal khas Banten, Kalimaya.
Walaupun tidak tergolong batu permata seperti Intan, Rubi, Safir atau Zamrud, Kalimaya tetap punya pesona tersendiri. Kalimaya yang memiliki tingkat kekerasan di bawah 7 skala Mohs tidak menyurutkan minat para penggemar batu mulia.
Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Pesona Kalimaya dapat menyihir siapa saja. Tidak ada strata apalagi kasta. Kini, semakin banyak orang yang terpesona keindahan Kalimaya. Termasuk orang nomor 1 di Provinsi Banten, Rano Karno.
Tidak hanya mengoleksi, Rano juga kerap menjadikan batu Kalimaya sebagai hadiah untuk para koleganya. Ini sekaligus jadi ajang promosi potensi kekayaan alam Banten.
Menjulangnya pamor batu Kalimaya memberi ladang penghidupan bagi banyak orang. Bagi para perajin, Kalimaya jadi magnet rezeki seiring makin tingginya permintaan para peminat batu mulia. Para penggemar batu mulia berani membayar Kalimaya idaman hingga ratusan juta rupiah.
Tingginya permintaan batu Kalimaya membuat warga berbondong-bondong beralih profesi jadi penambang. Setahun terakhir, ratusan warga Desa Ciburuy, Kecamatan Curug Bitung, Lebak, Banten, menggantungkan hidup mereka dari penambangan batu Kalimaya.
Selain Curug Bitung, penambangan batu Kalimaya juga tersebar di Kecamatan Sajira dan Maja, Kabupaten Lebak. Melalui lubang-lubang galian sedalam belasan meter, para penambang berjibaku. Mereka menggantungkan harapan untuk mendapatkan batu Kalimaya.

Penggalian di Perut Bumi
Bukanlah perkara mudah menembus perut bumi karena butuh keberanian dan keyakinan. Tak cukup hanya itu, sejumlah ritual pun dijalani sebelum memulai penggalian.
Untuk menentukan titik penggalian bukanlah perkara sembarang. Dibutuhkan penerawangan secara gaib untuk mengetahui lokasi terbaik. Para penambang percaya kekuatan mistis harus dilibatkan agar penggalian memberi hasil yang maksimal.
Tidak hanya pencariannya yang sulit, karakter batu Kalimaya pun cukup rapuh. Dalam proses pengolahannya diperlukan perlakuan khusus. Butuh tangan-tangan terampil untuk mengolah batu mulia ini agar tidak mudah pecah.
Di mata penggemar batu mulia, Kalimaya punya tempat tersendiri. Keunikan motif yang dimiliki batu Kalimaya membuat Kalimaya dijuluki ratu-nya batu permata.
Batu opal atau Kalimaya ini terbentuk sebagai hasil pelapukan material silika yang terendap dalam perut bumi. Karena terbentuk lewat pemanasan yang tidak terlalu tinggi dan memiliki kandungan air 3 hingga 20 persen, membuat opal tidak tergolong mineral.

Ancaman Perusakan Lingkungan
Meskipun tidak tergolong batu permata, opal atau Kalimaya tetap jadi incaran para penggemar batu mulia. Tingginya permintaan yang tidak sebanding dengan penawaran membuat stok batu Kalimaya di pasaran tidaklah berlimpah.
Walaupun banyak peminatnya, keberlangsungan penambangan batu Kalimaya di Kabupaten Lebak kini dalam ancaman. Sebagian lokasi penambangan yang tersebar di 4 kecamatan yakni Rangkasbitung, Cimarga, Sajira dan Maja akan menjadi lokasi pembangunan waduk karian. Rencananya 11 desa di 4 kecamatan tersebut akan ditenggelamkan terkait mega proyek Waduk Karian.
Adapun sisi lain dari maraknya geliat penambangan batu tersebut, perburuan Kalimaya dapat menjadi ancaman perusakan lingkungan. Penggalian tanah secara serampangan dikhawatirkan mengganggu keseimbangan alam. Munculnya rongga-rongga dalam perut bumi jelas menyisakan problem serius di masa mendatang.

Kembang Jarong

Jarong atau kembang jarong adalah warna yang terdapat dalam kristal batu Kalimaya, semakin banyak titik warnanya akan membuat harganya semakin tinggi.
Seperti yang dikutip dari batugiok.id, Kalimaya kembang jarong, batuan ini tersebar dari wilayah banten tengah hingga ke selatan dan ke Bogor barat. Keindahan batu ini terletak dari titik-titik warna yang timbul biru muda, biru tua, merah menyala, kuning dan sebagian besar putih. warna yang timbul tersebut akan berubah warna jika dilihat dari sisi yang berbeda.
Istilah kembang Jarong adalah warna yang terdapat dalam kristal batu Kalimaya, semakin banyak titik warnanya akan membuat harganya semakin tinggi. Pengaruh harga Kalimaya juga ditentukan oleh kualitas Clarity atau kejernihan kristalnya semakin jernih semakin mahal. Penampakan Warna pada kalimaya juga merupakan faktor penentu harga, semakin mudah dilihat warna kembangnya di seluruh permukaan walaupun minim pencayahaan akan membuat harganya melambung.
Tips memilih Kalimaya Asli, kalimaya palsu cenderung warna putih kilau kaca lebih tajam, warna-warninya sangat mencolok akibat proses pewarnaan buatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar