Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

About

Kegagalan Softwere Paling Merugikan Di Dunia



Namanya produk manusia, pasti tak ada yang sempurna. Namun begitu kesalahan ini terjadi saat membuat supersripts dalam pemrograman sebuah software, maka kerugian miliaran dollar bisa terjadi kurang dari 60 detik. Simak 5 kegagalan software berikut ini yang dikutip dari kaskus.co.id :

1. Orbiter Mars Crashes

Kontraktor yang diberi tanggung jawab perencanaan sistem navigasi NASA memperoleh spesifikasi pembuat software. Tapi bukannya menggunakan sistem metrik, sang kontraktor malah melakukan pengukuran menggunakan satuan imperial. Akibatnya, pesawat ruang angkasa menabrak Mars dan menelan kerugian lebih dari US$125 juta.

2. Ariane 5 Flight 501

Mesin satelit ini jauh lebih cepat daripada model-model sebelumnya tetapi memiliki bug perangkat lunak yang tidak terasa sebelumnya. Satelit diluncurkan dan setelah 36,7 detik mengudara, seketika rusak sendiri dan berubah menjadi bola api yang megah. Biaya pembuatan satelit diperkirakan mencapai US$8 miliar dengan membawa muatan senilai US$500 juta dolar ketika hancur.

3. EDS Fails Child Support

Sekitar 6 tahun yang lalu, kontraktor EDS menciptakan sistem teknologi informasi cukup kompleks yang dipesan CSA (Child Support Agency) atau Badan Dukungan Anak di Inggris. Perangkat ini ternyata tidak kompatibel dengan restrukturisasi yang direncanakan, sehingga menyebabkan banyak kesalahan. Biaya kerugian diperkirakan sejak saat itu hingga sekarang mencapai US$1 miliar.

4. Soviet Gas Pipeline Explosion

Pada tahun 1982, CIA mengklaim bahwa Uni Soviet sedang dalam proses mencuri teknologi penting AS. CIA kemudian mengirim bug perangkat lunak ke dalam sistem yang akan bekerja sedemikian rupa sehingga terjadi rekayasa operasional. Akibatnya, muncul ledakan dahsyat yang tak pernah terlupakan.

5. Black Monday

Pada tahun 1987, sebuah investigasi menyebabkan pasar saham yang sedang naik tiba-tiba turun signifikan. Penyelidikan mempengaruhi pemegang saham untuk membuang saham mereka. Namun respon analisis komputer yang muncul, malah makin merusak sistem pasar modal. Akibatnya, nilai pasar jatuh dengan cepat dan tidak ada pilihan selain untuk melikuidasi saham.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar