Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

About

Ritual-ritual Paling Unik di Dunia


7 Ritual Pengorbanan Paling Unik Di Dunia - Dalam perjalanannya peradaban manusia tidak luput dari hal-hal yang berbau kekejaman, sadisme, bukan saja di dalam peperangan ataupun pertarungan mempertahankan hidup, melainkan dalam menjalankan sebuah keyakinan terhadap hal-hal ‘gaib’ deisme, animisme, dinamisme (baca: agama). Bahkan untuk memohon berkat dan restu dari kekuatan gaib, mereka rela mengorbankan nyawa manusia dengan menggunakan metode yang menyakitkan hingga cara halus. Berikut 7 Ritual Pengorbanan Paling Unik Di Dunia : 



1. Pengorbanan Anak-Anak di Charthage dan Sekitarnya

Pengorbanan untuk Sebuah Pembangunan di China
  


Berdasarkan berbagai keterangan dan riwayat mengenai peradaban bangsa Phoenesia dan Charthaginia, menyebutkan bahwa salah satu kegiatan relijius mereka adalah Ritual pengorbanan anak-anak. Upacara pengorbanan ini dilakukan agar masyarakat mereka mendapatkan perlindungan. Dalam peradaban Phoenesia tempat atau wilayah ritual pengorbanan ini dikenal dengan istilah ‘topheth’ (panggangan/pembakaran), sementara ritualnya sendiri disebut dengan ‘mulk’ (atau ‘king’).



2 Bunuh Diri Demi Kehormatan Jepang


Pengorbanan untuk Sebuah Pembangunan di China  


Di Jepang dikenal sebuah istilah Seppuku—ritual bunuh diri/mengorbankan diri demi kehormatan, yang  telah dipraktikan sangat lama dan merupakan salah satu bagian dari Bushido (nila dan norma yang dianut oleh para ksatria Jepang). Ritual pengorbanan seppuku dilakukan apabila ada beberapa hal yang menyangkut kehormatan dan harga diri telah dilanggar oleh seorang ksatria, dengan melakukan seppuku maka kehormatan dan harga diri keluarga, klan atau dinasti yang rusak akan kembali pulih.

Seorang samurai ataupun shogun, ketika akan melakukan seppuku mereka wajib mengenakan pakaian upacara, yakni kimono atau jubah berwarna putih. Ia harus menikmati hidangan kesukaannya untuk terakhir kali. Dan menyiapkan pisau atau pedang pendek kesayangan yang diletakkan di hadapannya. Sang ksatria pun kemudian membacakan puisi kematian atau pidato terakhirnya. Ia kemudian membuka jubah, mengambil pisau dan menghunuskannya kebagian perut hingga terurai. Selain ke arah perut ada pilihan lainnya (kaishakunin) untuk melakukan seppuku, dengan memotong leher sendiri (kaishaku).


3. Mencekik Janda  di  Fiji

Pengorbanan untuk Sebuah Pembangunan di China  

Di kebudayan masyarakat Fiji suatu waktu pernah diberlakukan ritual pengorbanan yang sangat kejam dan sadis, yakni mencekik seorang janda yang baru beberapa menit ditinggal mati oleh suaminya. Masyarakat Fiji meyakini bahwa seorang isteri (watina lalai) yang ditinggal mati oleh suaminya harus mengikuti jejak suaminya, dikubur (disebut dengan totho).

yang menjadikan ritual pengorbanan ini lebih buruk lagi ketika si pencekik adalah saudara laki-laki dari pihak isteri, atau dari garis keluarga isteri jika tidak memiliki saudara laki-laki. Karena menurut mereka lebih terhormat untuk mati dibunuh atau membunuh saudara sendiri.


4. Menguliti Hidup-Hidup  Anak Laki-Laki  

Pengorbanan untuk Sebuah Pembangunan di China  

Buku Aztec adalah salah satu suku Indian di benua Amerika yang dikenal dengan ritual pengorbanan yang sadis. Salah satunya ritual mencabut jantung manusia yang masih hidup untuk menghormati dewa matahari, Huitzilopochtli. Masih banyak ritual yang dimiliki oleh Suku Aztec yang melibatkan pengorbanan manusia sebagai persembahan kepada Tlaloc, Xipe Totec dan ‘Ibu Pertiwi’ Teteoinnan.

Persembahan kepada Tlaloc adalah dengan menguliti anak laki-laki yang masih hidup, sementara persembahan kepada Xipe Totec adalah menembakkan panah ke arah tubuh sang korban sebelum akhirnya dikuliti oleh para pendeta adat. Dan persembahan kepada Teteoinnan adalah dengan menguliti tubuh perempuan yang masih hidup. Semua ritual tersebut memiliki makna yang sama dan korbannya pun dipilih secara hati-hati dan teliti, kemudian ia akan disebut dengan ‘yang terpilih.’


5. Dibakar Hidup-Hidup, Bangsa Romawi  

Pengorbanan untuk Sebuah Pembangunan di China  

Menurut catatan sejarah yang ditulis oleh bangsa Romawi, di wilayah Eropa dikenal ritual pengorbanan yang melibatkan nyawa dan tubuh manusia, salah satunya oleh para Druid (kalangan agamawan dari bangsa Roma, Inggris, Irlandia dan Gaulia/Prancis). Kaisar Roma sendiri menjelaskan bahwa banyak dari kalangan budan dan Suku Gaulia yang kemudian dibakar hidup-hidup, termasuk mereka yang sudah tidak bernyawa lagi.

Ritual pengorbanan lainnya adalah dengan menggantung korban sabagai persembahan kepada dewa Esus, menenggelamkan korban sebagai persembahan kepada dewa Teutattes. Namun salah satu yang terkenal adalah ritual yang dilakukan oleh para Druids adalah dengan mengikat korban di sebuah tiang kemudian membakarnya hidup-hidup.  



6. Pengorbanan untuk Sebuah Pembangunan di China 
Pengorbanan untuk Sebuah Pembangunan di China
Kita mengetahui bahwa ritual pengorbanan mahluk bernyawa hanya diiperuntukan kepada para dewa dan kepentingan agama lainnya. Namun di salah satu peradaban masyarakat China, ritual pengorbanan pun dilakukan dalam proses pembuatan sebuah bangunan ataupun gedung, dengan tujuan agar bangunan tersebut lebih kokoh dan kuat berdiri.

Salah satunya adalah dibuktikan dalam catatan sejarah China, ketika Pangeran Mahkota Ts’ai ditangkap dalam sebuah peperangan yang mengakibatkan bangunan kerajaannya rusak dan runtuh berkeping-keping. Pangeran Ts’ai ditangkap dan dijadikan persembahan untuk memperkuat bangunan Dam (waduk).



7. Lompatan Keyakinan Oleh Suku Maya 


Ritual Pengorbanan Paling Unik Di Dunia

Suku Maya merupakan salah satu suku Indian di Amerika Serikat yang memiliki sistem keyakinan terhadap kekuatan gaib sangat kuat. Ketika mereka menemukan sebuah lubang besar di bawah tanah, mereka mengatakan bahwa itu adalah gerbang menuju dunia bawah (akhirat). Dan mereka menyakini siapapun yang loncat ke dalam lubang tersebut tidak akan mati. Dan para pendeta Suku Maya akan memantrai, mendoakan orang-orang yang akan melompat ke dalam lubang dalam di permukaan bumi (cenotes).

Namun berdasarkan penelitian terakhir, banyak ditemukan kerangka manusia baik tua maupun muda berserakan di dasar lubang bumi ini. Kerangka manusia yang telah hancur, yang dianggap oleh masyarakat Maya saat itu tercerahkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar