Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

About

Bau Pada Durian Yang Membuat Bingung Ilmuan



 Jika orang Indonesia cinta mati dan tergila-gila dengan durian, orang-orang dari negara lain (terutama para  bule) sering heran kenapa buah yang bau ini begitu disukai. Durian adalah salah satu buah yang paling sering membuat bule bertanya-tanya dan trauma setelah memakannya. Bahkan para ilmuwan melakukan penelitian kenapa durian bisa sangat bau, wah wah..
Ada senyawa misterius dalam durian
Orang di Asia Tenggara menjadikan durian sebagai buah idola, bahkan membuatnya jadi selai, pancake, permen, dan sebagainya. Di sisi lain, para ilmuwan heran mengapa ada buah yang bisa bau seperti durian. Saking baunya, durian bahkan tidak boleh dibawa dalam angkutan umum di Singapura dan beberapa negara lainnya. Dilansir olehsmithsonianmag.com, ilmuwan dari Jerman meneliti tentang bau durian.
Hasil penelitian tersebut di tulis dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry. Disebutkan bahwa ada 50 senyawa dalam durian yang bertanggung jawab atas aroma yang tajam dan bau itu. Yang mengherankan 4 senyawa dalam durian bahkan belum ada dalam ilmu pengetahuan manapun. Bahkan senyawa itu tidak ada dalam benda bau lain seperti bawang putih, bajing, karet yang dibakar dan sebagainya.
Durian adalah keajaiban ilmiah
Analisa ini memperlihatkan bahwa ada banyak senyawa dalam durian yang menyebabkan bau. Beberapa senyawa masih misterius. Tidak heran jika para ilmuwan memberi slogan bahwa durian adalah keajaiban ilmiah. Namun mereka memperingatkan bahwa dalam durian ada enzim yang digunakan hati untuk menghambat pemecahan alkohol. Jadi jangan banyak-banyak ya kalau makan durian!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar