Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

About

10 Perbandingan Manusia Dengan Simpanse

Simpanse adalah kerabat paling dekat kita, namun banyak hal dari mereka yang tidak diketahui oleh sebagian besar dunia sampai Charles Darwin menulis tentang mereka dan dipopulerkan pada tahun 1859. Banyak hal tentang tentang mereka baru ditemukan akhir-akhir ini. Dengan belajar tentang kerabat kita ini, setidaknya kita bisa lebih memahami diri kita sendiri. Berikut ini adalah 10 perbandingan antara simpanse dengan manusia.
perbandingan simpanse dan manusia


10. Jumlah spesies

Simpanse sering salah disebut sebagai monyet, padahal sebenarnya mereka bagian dari keluarga kera besar seperti kita juga. Kera besar lainnya adalah orangutan dan gorila. Hanya ada satu spesies manusia yang masih hidup saat ini: homo sapiens. Di masa lalu, banyak ilmuwan mencoba untuk menyatakan bahwa ada beberapa spesies manusia. Simpanse, di sisi lain, sebenarnya terdiri dari dua spesies: pan troglodytes, simpanse pada umumnya, dan pan paniscus, simpanse atau bonobo gracile. Kedua jenis simpanse adalah spesies yang benar-benar terpisah. Manusia dan kedua spesies simpanse berevolusi dari satu nenek moyang, tchadensis atau mungkin Sahelanthropus, antara lima dan tujuh juta tahun yang lalu. Hanya fosil-fosil dari nenek moyang ini yang masih bisa ditemukan.
species simpanse

9. DNA

Sering dikatakan bahwa manusia dan simpanse memiliki 99% DNA yang sama. Perbandingan genetik tidak sederhana karena sifat pengulangan gen dan mutasi, tetapi perkiraan sebenarnya yang lebih akurat adalah antara 85% sampai 95%. Angka ini masih mungkin terdengar mengesankan, tapi DNA paling banyak digunakan untuk fungsi selular dasar dimana semua makhluk sebenarnya memiliki kesamaan. Sebagai contoh, kita memiliki sekitar setengah dari DNA yang sama dengan pisang, namun orang tidak menggunakan ini untuk menekankan bagaimana pisang yang sama bagi kita! Jadi 95% tidak bisa membuktikan bahwa kita benar-benar mirip dengan simpanse. Simpanse memiliki 48 kromosom, dua lebih banyak dari manusia. Diperkirakan bahwa ini karena dalam nenek moyang manusia, dua pasang kromosom menyatu menjadi satu pasangan. Yang menarik, manusia memiliki variasi genetik paling sedikit diantara semua hewan, itulah mengapa kawin sedarah dapat menyebabkan masalah genetik. Bahkan dua manusia sama sekali tidak berhubungan biasanya secara genetik lebih mirip daripada simpanse dengan saudara kandungnya.
DNA simpanse vs DNA manusia

8. Ukuran otak

Otak seekor simpanse memiliki volume rata-rata 370mL. Sedangkan manusia memiliki volume otak rata-rata 1350mL. Ukuran saja bukan merupakan indikator mutlak kecerdasan. Ada pemenang Hadiah Nobel dengan ukuran otak mulai 900 ml sampai ke lebih dari 2000mL. Struktur dan organisasi dari berbagai bagian otak adalah cara yang lebih baik menentukan kecerdasan. Otak manusia memiliki area permukaan yang tinggi karena mereka jauh lebih berkerut daripada otak simpanse, dengan jumlah koneksi yang lebih besar dan banyak bagian-bagiannya.
ukuran otak simpanse vs ukuran otak manusia

7. Sosialisasi

Simpanse menghabiskan banyak waktu bersosialisasi. Banyak waktu bersosialisasi mereka dihabiskan untuk merawat diri mereka seperti; membersihkan bulu, mencari kutu di tubuh mereka satu sama lain. Simpanse muda dan remaja akan sering bermain dengan, mengejar, dan menggelitik satu sama lain. Menunjukkan kasih sayang termasuk berpelukan dan berciuman yang banyak dilakukan antara simpanse, lepas dari segala usia atau jenis kelamin. Simpanse memperkuat persahabatan dengan menghabiskan waktu saling merawat satu sama lain. Manusia menghabiskan waktu yang hampir sama dalam bersosialisasi, meskipun lebih banyak melalui berbicara dari pada tindakan. Namun demikian, banyak dari sejumlah besar obrolan ngawur yang kita hasilkan hanyalah sebuah versi yang lebih canggih dari ritual "perawatan tubuh" simpanse. Manusia juga menunjukkan hubungan kuat melalui kontak fisik – sebuah tepukan di punggung, pelukan, atau bersikap ramah. Ukuran kelompok sosial primata bisa mencerminkan ukuran otak mereka. Simpanse memiliki sekitar 50 teman dekat dan kenalan, sedangkan manusia memiliki antara 150 dan 200.
cara bersosialisasi simpanse

6. Bahasa dan ekspresi wajah

Simpanse memiliki cara salam yang kompleks dan komunikasi yang tergantung pada status sosial. Mereka berkomunikasi secara verbal dengan menggunakan berbagai seruan, geraman, jeritan, celaan, dan vokalisasi lainnya. Sebagian besar komunikasi mereka dilakukan melalui gerak tubuh dan ekspresi wajah. Banyak dari ekspresi wajah mereka – kejutan, menyeringai, memohon, menghibur – hampir sama dengan manusia. Namun, manusia tersenyum dengan menyeringai gigi mereka, bagi simpanse dan hewan lainnya hal itu adalah tanda agresi atau bahaya. Sebagian besar komunikasi manusia dilakukan melalui vokalisasi. Manusia cukup unik dan memiliki pita suara yang kompleks, memungkinkan kita membuat berbagai macam suara. Selain itu, manusia memiliki lidah yang sangat berotot dan bibir, memungkinkan manusia manipulasi suara dengan akurat. Ini sebabnya kita memiliki dagu runcing sedangkan simpanse memiliki dagu yang datar.
ekspresi wajah simpanse

5. Makanan

Simpanse dan manusia sama-sama omnivora (makan tumbuhan dan daging). Manusia memegang puncak tertinggi rantai makanan. Manusia lebih karnivora dari simpanse, dan memiliki usus yang lebih disempurnakan untuk mencerna daging. Simpanse kadang-kadang akan memburu dan membunuh mamalia lainnya, seringkali monyet, tapi sebagian besar makanan mereka adalah buah dan kadang-kadang serangga. Manusia jauh lebih tergantung pada daging – manusia hanya dapat memperoleh vitamin B12 secara alami melalui sumber makanan hewani. Berdasarkan sistem pencernaan kita dan gaya hidup suku-suku yang masih ada, diperkirakan bahwa manusia telah berevolusi untuk makan daging minimal sekali setiap beberapa hari. Manusia juga cenderung makan dalam waktu tertentu ketimbang makan terus-menerus sepanjang hari, seperti sifat karnivora umumnya. Ini mungkin karena daging hanya tersedia setelah proses berburu sukses, sehingga makanan dimakan dalam jumlah besar tapi jarang (tidak terus-menerus). Simpanse akan memakan buah terus-menerus sedangkan kebanyakan manusia makan tidak lebih dari tiga kali dalam sehari.
simpanse lebih banyak memakan buah

4. Seks

Spesies bonobo terkenal dengan nafsu seks mereka. Simpanse biasa dapat menjadi marah atau cenderung melakukan kekerasan, tapi bonobo meredakan situasi tersebut melalui kenikmatan seksual. Mereka juga menyapa dan menunjukkan kasih sayang satu sama lain melalui stimulasi seksual. Simpanse biasa tidak melakukan seks untuk kesenangan, dan kawin hanya membutuhkan waktu sepuluh atau lima belas detik. Manusia mengalami kesenangan dalam kegiatan seksual, seperti bonobo, namun bahkan seks untuk reproduksi membutuhkan waktu lebih lama dan membutuhkan usaha lebih, dan hubungan jangka panjang. Tidak seperti manusia, simpanse tidak memiliki konsep kecemburuan seksual atau kompetisi, karena mereka tidak melakukan hubungan jangka panjang.
pola hubungan seks simpanse

3. Berjalan tegak

Baik manusia dan simpanse mampu berjalan bipedally (dengan dua kaki). Simpanse akan sering melakukan ini untuk melihat lebih jauh ke depan, tapi lebih memilih untuk bergerak dengan empat kaki. Manusia berjalan tegak sejak masa bayi dan telah berevolusi membentuk tulang panggul berbentuk mangkuk untuk mendukung organ-organ internal mereka ketika melakukan hal itu. Simpanse, bersandar ke depan selama gerakan, tidak perlu mendukung mereka dengan organ panggul mereka dan sehingga memiliki pinggul lebih luas. Hal ini membuat persalinan lebih mudah bagi simpanse daripada manusia. Kaki manusia lurus dengan jari-jari kaki di bagian depan untuk membantu mendorong tepat di depan saat berjalan, sedangkan kaki simpanse memiliki jempol kaki saling berlawanan dan lebih seperti tangan yang kuat. Kaki digunakan untuk memanjat dan merangkak, melakukan gerakan diagonal, atau berputar.
manusia lebih tegak dari simpanse

2. Mata

Manusia memiliki area putih di sekitar iris mereka, sedangkan simpanse biasanya memiliki warna cokelat gelap. Ini membuat lebih mudah untuk melihat di mana manusia lain mencari (melihat), dan ada beberapa teori mengapa demikian. Ini mungkin merupakan penyesuaian terhadap situasi sosial yang lebih kompleks. Hal ini dapat membantu saat berburu diam-diam secara berkelompok, dimana arah mata sangat penting untuk komunikasi. Atau mungkin hanya mutasi genetik tanpa tujuan – area putih di sekitar iris terlihat di beberapa simpanse juga. Baik manusia dan simpanse dapat melihat dalam warna, membantu mereka untuk memilih buah-buahan matang dan tanaman untuk makan, dan memiliki visi berkenaan dgn teropong, mata mereka menunjuk ke depan ke arah yang sama. Hal ini membantu melihat secara mendalam dan sangat penting untuk berburu, bukan mata pada sisi samping kepala seperti kelinci yang membantu menghindar ketika diburu.
perbedaan mata simpanse dengan mata manusia

1. Penggunaan alat

Selama bertahun-tahun, manusia dianggap sebagai satu-satunya mahluk yang mampu menggunakan peratalan. Observasi pada tahun 1960 menunjukkan simpanse menggunakan ranting tajam untuk mencari rayap, dan sejak itu pandangan mulai berubah. Baik manusia dan simpanse mampu memodifikasi lingkungan mereka untuk menempa alat untuk membantu melewati tantangan sehari-hari. Simpanse akan membuat tombak, menggunakan batu sebagai palu dan landasan, dan daun untuk digunakan sebagai spons darurat. Diperkirakan bahwa sebagai hasil dari berjalan tegak, kaki depan kita jauh lebih bebas untuk menggunakan alat. Manusia hidup tergantung dengan alat-alat bantu, hampir mustahil kita bisa hidup tanpa menggunakan alat saat ini.
simpanse dalam menggunakan alat

So, sudah paham perbandingan antara manusia dengan simpanse? Masihkah sama antara manusia dengan simpanse? Masih mau disamakan dengan simpanse?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar